Variable Speed Driver atau Inverter merupakan salah satu komponen IA (Industrial Automation) yang digunakan untuk mengatur kecepatan putaran motor induksi tiga fasa. Beragam merek tersedia seperti Toshiba, Yaskawa, Schneider, LS, Fuji, Powtran, Sinee dan lain-lain.

Dengan menggunakan inverter, selain kita dapat mengatur kecepatan putaran motor dengan cara mengatur frekuensi keluaran inverter, kita juga dapat:

  • mengatur arah putaran motor
  • mengatur akselerasi
  • melakukan penghematan energi

Pada aplikasi tertentu seperti aplikasi blower misalnya, penghematan energi anual (tahunan) yang merupakan dampak dari penerapan inverter cukuplah signifikan.

Dengan menerapkan akselerasi yang gradual, maka tarikan arus akan jauh berkurang dibandingkan dengan tarikan arus tanpa inverter (D.O.L atau Star-Delta).

Tapi di sini saya tidak akan membahas tentang inverter, saya hanya ingin berbagi rancangan panel inverter untuk motor induksi tiga fasa.

Kebetulan saja inverter yang saya gunakan adalah merek Toshiba tipe VFS11-4055PL untuk motor induksi 5,5kW. Panel ini saya gunakan untuk mengontrol kecepatan motor gerinda.

Inverter merek Toshiba sangat populer di Indonesia. Selain Toshiba, inverter dari Schneider juga banyak digunakan di Indonesia.

Nah, tak perlu berpanjang kali lebar samadengan luas, berikut ini adalah gambar rancangan panel inverter tersebut.

Cukup ringkas karena hanya satu halaman saja meliputi gambar rangkaian kontrol, rangkaian daya, layout terminal, dan nilai setting parameter inverter.

Sebagai pengatur kecepatan (frekuensi tegangan output inverter) digunakan potensiometer.

Kita bisa memutar potensio kekanan searah dengan jarum jam (CW, Clock-Wise) untuk menaikkan kecepatan. Dan untuk mengurangi kecepatan, putar potensio ke arah sebaliknya (CCW, Counter Clock-Wise).

Untuk mengatur arah putaran motor, digunakan Selector Switch (S2).

Jika kondisi S2 = OFF, maka motor akan berputar searah jarum jam (Forward). Dan jika kondisi S2 = ON, maka motor akan berputar berlawanan dengan arah jarum jam (Reverse).

Download File PDF

Anda dapat mengunduh file rancangan di atas melalui link berikut ini:

Rancangan Panel Inverter Toshiba 5.5kW (~42 KB)

Melayani Pembuatan Panel Kontrol

Kami melayani pembuatan panel kontrol industri berbasis Smart-Relay Zelio, Inverter dan Mikrokontroler. Beberapa panel yang kami buat adalah:

  • Panel Bel Pabrik
  • Panel Timer untuk Filling Machine
  • Panel Kontroler Suhu
  • Panel Kontrol Motor 3-Fasa

Jika Anda membutuhkan bantuan seputar pembuatan panel kontrol dan perbaikan panel kontrol (troubleshooting), silakan menghubungi kami melalui Whatsapp 0882-3560-7047.

Baca Juga

Panel Bel Pabrik Zelio: https://blog.teknikelektrolinks.com/panel-bel-pabrik-industrial-berbasis-zelio-smart-relay/

Panel Over-Current Alarm: https://blog.teknikelektrolinks.com/panel-over-current-alarm-untuk-mesin-grinding-rol-karet/

Semoga bermanfaat.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copy link
Powered by Social Snap