WFD-1000 adalah modul display yang dibangun menggunakan LED Matrix P10 dan kombinasi apik antara board mikrokontroler Arduino Nano dan board ESP-01 (ESP8266). Tampilan pada modul WFD-1000 ini bisa kontrol secara wireless melalui jaringan Wi-Fi dengan komunikasi TCP Socket.

Arduino Nano kami program menggunakan IDE Arduino. Library yang digunakan untuk mengontrol LED Matrix P10 adalah library DMD2.h.

Adapun untuk ESP-01, kami menggunakan program ESP-LINK, yakni program Wi-Fi-to-Serial Bridge. Dengan program ini, maka ESP-01 berfungsi sebagai perantara antara Wi-Fi dengan Serial.

Spesifikasi

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari modul Wi-Fi Display WFD-1000.

Tegangan KerjaDC 5V, 2A
KoneksiIEEE 802.11 (Wi-Fi)
Protokol KomunikasiTCP Socket
Wi-Fi ModeAP+STA (Default) atau STA
Jumlah Koneksi Maksimum4 koneksi
IP Address (Access-Point)192.168.4.1
IP Address (Station)DHCP (Default) atau Static
Port23 (telnet)
SetupWeb based

Secara default, ESP-01 (ESP8266) pada modul WFD-1000 bekerja dengan mode AP+STA. Artinya, modul berfungsi sebagai Access-Point dan sebagai Station.

Pada awal instalasi, tentunya modul tidak dapat terhubung ke Wi-Fi Router yang tersedia, karena tentunya data SSID dan Password dari Wi-Fi Router belum tercatat di modul. Untuk itulah mengapa modul juga berfungsi sebagai Access-Point. Dengan demikian, kita bisa menghubungkan PC/Laptop ke Wi-Fi modul WFD-1000.

Setelah PC/Laptop terhubung ke Wi-Fi modul WFD-1000, maka selanjutnya kita bisa membuka halaman setup melalui Web Browser. Anda bisa menggunakan Chrome, Firefox, Opera atau yang lain dengan mengakses halaman setup dengan alamat http://192.168.4.1.

Berikut ini adalah tampilan awal halaman web modul WFD-1000. Pada halaman ini ditampilkan informasi sistem board ESP-01.

Ketika modul WFD-1000 bekerja pada mode AP, maka PC/Laptop bekerja pada mode STA. Diagramnya bisa kita gambarkan sebagai berikut.

Dengan terhubungnya PC/Laptop ke modul WFD-1000 melalui media Wi-Fi, maka PC/Laptop bisa mengontrol tampilan pada WFD-1000 dengan mengirimkan perintah-perintah khusus yang dipahami oleh WFD-1000.

Wi-Fi Configuration

Untuk melakukan konfigurasi Wi-Fi, klik link halaman Wi-Fi pada menu. Link Wifi ini berada di bawah link Home. Berikut ini adalah tampilan dari halaman Wi-Fi Configuration.

Agar modul bisa terhubung ke jaringan lokal melalui Wi-Fi Router, maka Anda bisa memilih Network SSID yang terdeteksi dan memasukkan Passwordnya. Setelah itu klik Connect!. Jika tidak ada kendala, maka modul akan terhubung ke Wi-Fi Router dan akan ditampilkan IP Address yang diperoleh dari Router.

Jika menggunakan Wi-Fi Router, maka baik modul WFD-1000 maupun PC/Laptop bekerja pada mode Station dan mendapatkan IP Address dari Router.

WFD-1000 Command-List

Untuk mengontrol tampilan pada modul WFD-1000, maka PC/Laptop harus mengirimkan perintah-perintah khusus melalui TCP Socket.

Berikut ini adalah daftar perintah yang digunakan untuk mengontrol tampilan WFD-1000.

@C++<CR>Untuk menaikkan nilai counter (counter=counter+1)
@C–<CR>Untuk menurunkan nilai counter (counter=counter-1)
@Snnn<CR>Untuk mengeset nilai counter dengan nnn (000 – 999)
@B++<CR>Untuk menaikkan Brightness
@B–<CR>Untuk menurunkan Brightness
@V<CR>Untuk menampilkan tampilan (visible)
@H<CR>Untuk menyembunyikan tampilan (hidden)
@C??<CR>Untuk meminta data counter dari WFD-1000

<CR> adalah karakter Carriage-Return dengan kode ASCII 13 desimal atau 0x0D heksadesimal.

Mengontrol Wi-Fi Display Menggunakan Telnet

Untuk mengontrol Wi-Fi Display WFD-1000, kita bisa menggunakan program utilitas Telnet. Selain Telnet, kita juga bisa menggunakan program TCP Terminal seperti Putty atau Hyperterminal.

Berikut ini adalah screenshot program telnet yang terhubung ke modul Wi-Fi Display WFD-1000.

Program Kontrol Versi Lazarus/Freepascal

Mengontrol tampilan pada modul Wi-Fi Display WFD-1000 menggunakan Telnet bisa diterapkan untuk tujuan pengujian atau ketika memang terpaksa.

Kami menyediakan contoh program lengkap dengan source code untuk mengontrol modul Wi-Fi Display WFD-1000.

Berikut ini adalah tampilan program kontrol yang kami buat menggunakan Lazarus/Freepascal.

Library komunikasi yang kami gunakan adalah Synapse. Dan Unit yang digunakan adalah blcksock.

Berminat?

Jika Anda berminat dengan modul Wi-Fi Display WFD-1000 atau membutuhkan modul yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan menghubungi kami melalui WA 0882-3560-7047.

Selamat belajar. Selamat berkarya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copy link
Powered by Social Snap