QR Code adalah Quick Response Code. QR Code adalah barcode versi 2-Dimensi. QR Code dapat menyimpan atau merepresentasikan berbagai informasi seperti alamat URL, nama, kode produk, perintah atau apapun.

QR Code dapat menyimpan sebanyak 7089 digit angka atau 4296 karakter termasuk karakter tanda baca dan karakter spesial.

Meskipun QR Code mampu menyimpan data sebanyak itu, namun pada prakteknya, kita sebaiknya membatasi jumlah data pada QR Code. Semakin banyak data (angka/karakter) yang disimpan, maka semakin besar ukuran gambar dari QR Code. Dan tentunya, struktur dari QR Code juga akan semakin kompleks.

Selain mampu menyimpan data yang relatif banyak, QR Code juga memiliki kelebihan lain yakni QR Code masih bisa dibaca meskipun 30% dari struktur kodenya mengalami kerusakan.

Membuat QR Code Generator

Berawal dari keinginan untuk membuat program QR Code Generator sederhana, saya pun melakukan Googling untuk mencari library program QR Code yang saya yakin pasti banyak tersedia di internet.

Setelah mencari library untuk pemrograman C dan menemukan beberapa library yang menarik, saya pun mencari library untuk pemrograman REBOL atau RED, siapa tahu ada. Dan alhamdulillaah, beruntung sekali ternyata ada di Github.

https://github.com/bitbegin/qrcode

Berbekal library dan contoh program yang disediakan, saya pun membuat program QR Code Generator sederhana. Fungsi dari program ini adalah membuat gambar QR Code dari data teks yang dimasukkan user. Gambar QR Code yang dihasilkan kemudian dapat di simpan menjadi file gambar PNG.

Dapatkan program aplikasi mini berkualitas kami yang lain. Klik link berikut ini:

https://blog.teknikelektrolinks.com/category/free-software/

Berikut ini adalah screenshot dari program aplikasi mini berkualitas QR Code Generator.

Dengan menggunakan program tersebut, saya membuat beberapa QR Code untuk menyimpan beberapa data seperti nama, nomor WA dan alamat URL website, blog dan produk yang saya jual online via Tokopedia.

Berikut ini adalah gambar dari QR Code yang dihasilkan program di atas.

Menguji QR Code Hasil Program

Untuk mengetahui apakah QR Code yang dihasilkan valid atau tidak, maka kita perlu menguji QR Code tersebut.

Untuk menguji gambar-gambar QR Code yang dihasilkan program, saya menggunakan aplikasi web buatan inliteresearch.com. Berikut ini adalah screenshot hasil scanning file QR Code “usb2rel toped.png”.

Download Simple QR Code Generator

Anda dapat mengunduh program Simple QR Code Generator melalui link berikut ini.

Software Gratis – Berkualitas

Kami, dengan segala keterbatasan yang ada, senantiasa berusaha meningkatkan kemampuan pemrograman kami dengan membuat software aplikasi mini berkualitas yang bermanfaat bagi penggunanya.

Software aplikasi mini berkualitas yang kami buat bersifat GRATIS. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan menggunakannya serta membagikannya secara bebas.

Pelatihan Privat Online/Offline Pemrograman

Kami melayani pelatihan privat baik online maupun offline untuk materi dasar pemrograman C dan Arduino. Silakan menghubungi kami melalui Messenger atau WA 0882-3560-7047.

Selamat belajar. Selamat berkarya.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copy link
Powered by Social Snap