Fan Failure Alarm adalah sebuah sistem yang berfungsi untuk mendeteksi kegagalan dari satu buah atau lebih fan. Sistem alarm ini diaplikasikan sebagai sistem pendeteksi dini adanya kegagalan atau malfungsi dari fan yang bekerja pada sistem ventilator.

Salah satu aplikasi sistem Fan Failure Alarm adalah untuk mendeteksi kegagalan atau malfungsi dari Exhaust-Fan atau Blower pada sistem ventilator kandang ayam (unggas). Selain digunakan pada kandang, Fan Failure Alarm ini juga diterapkan pada sistem ventilator kendaraan pengangkut unggas.

Fan Dikatakan Gagal Jika …

Sebuah fan dikatakan mengalami kegagalan apabila fan tersebut tidak berputar ketika seharusnya berputar. Fan juga dikatakan mengalami kegagalan ketika fan tersebut berputar dengan kecepatan yang kurang dari kecepatan normalnya.

Jika fan mengalami kegagalan, maka kinerja sistem ventilasi udara yang didukungnya akan mengalami gangguan. Dan jika ventilasi udara terganggu maka akibatnya bisa sangat fatal terhadap unggas yang ada di dalam kandang.

Untuk menghindari kegagalan kerja dari fan, maka perlu dilakukan pengecekan berkala (scheduled maintenance) pada fan-fan yang ada. Dengan melakukan pengecekan berkala, maka kerusakan parah pada fan dan terganggunya kinerja sistem ventilasi udara akan dapat dihindari.

Dengan Fan Failure Alarm, maka setiap saat terjadi kegagalan pada kinerja fan, maka alarm akan berbunyi dan kita bisa segera mengetahui fan mana yang mengalami kegagalan dan segera melakukan perbaikan.

Mendeteksi Kegagalan Fan

Bagaimana cara mendeteksi kegagalan fan? Cara paling efektif adalah dengan cara mendeteksi apakah fan berputar atau tidak. Dan untuk mendeteksi apakah fan berputar atau tidak, kita memerlukan sensor putaran.

Sensor putaran yang dapat kita gunakan antara lain:

  • encoder
  • proximity
  • reed switch

Ketiga sensor putaran tersebut akan menghasilkan pulsa ketika fan berputar.

Jika tidak ada pulsa, maka sangat boleh jadi fan tidak berputar.

Jika ada pulsa dan jumlah pulsa per satuan waktu kurang dari normal (RPM rendah), maka sangat boleh jadi kinerja fan sudah menurun karena fan berputar tapi RPM di bawah normal.

Board Fan failure Alarm 4-Channel

Berikut ini adalah foto dari board Fan Failure Alarm yang dapat mendeteksi 4 buah fan. Board ini menggunakan mikrokontroler AVR ATtiny2313 sebagai kontroler. Mikrokontroler tipe ini dipilih karena telah terbukti bekerja dengan handal bahkan sangat handal untuk lingkungan industri.

Board ini menggunakan Reed-Switch sebagai sensor putaran motor dengan rangkaian sensor menggunakan opto-coupler / opto-isolator. Skematik rangkaian sensor Reed-Switch bisa dilihat pada gambar berikut ini.

Lebih lanjut tentang eksperimen rangkaian Reed-Switch bisa Anda baca pada postingan pada link berikut ini.

Baca Juga: https://blog.teknikelektrolinks.com/rangkaian-saklar-magnetik-reed-switch-menggunakan-optocoupler/

Prinsip Kerja

Prinsip kerja sistem adalah sebagai berikut: mikrokontroler secara kontinyu mendeteksi adanya pulsa pada input yang berasal dari rangkaian sensor Reed-Switch. Dan jika jeda waktu antar pulsa pada input melebihi batas yang ditentukan, maka mikrokontroler akan menyatakan bahwa fan yang disensor mengalami kegagalan.

Untuk menentukan gagal atau tidaknya fan, mikrokontroler membutuhkan waktu beberapa saat. Mikrokontroler melakukan pengecekan secara berurutan mulai dari input IN-1, IN-2, IN-3 dan IN-4. Setelah melakukan pengecekan, maka mikrokontroler akan mengaktifkan LED OUTPUT bila ada fan yang terdeteksi mengalami kegagalan. Dan jika ada satu atau lebih fan yang dinyatakan mengalami kegagalan, maka mikrokontroler akan mengaktifkan Buzzer dan Relay.

Berikut ini adalah foto lain dari board Fan Failure Alarm dan juga screenshot kode program dari board Fan Failure Alarm.

Dan berikut ini adalah feedback yang baik dari User yang menggunakan board Fan Failure Alarm.

Menurut informasi dari User board Fan Failure Alarm berfungsi dengan baik meskipun jarak sensor 35 meter dari board Fan Failure Alarm. Dan sistem juga berfungsi dengan baik pada fan dengan RPM 1500.

Hubungi Kami

Jika Anda membutuhkan board Fan Failure Alarm, silakan menghubungi kami melalui Whatsapp 0882-3560-7047.

Kami juga melayani pembuatan sistem kontrol custom sesuai dengan kebutuhan Anda.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copy link
Powered by Social Snap