Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

TimeIsUp! A Cool Countdown Timer Software

TimeIsUp!

A Cool Countdown Timer

TimeIsUp! adalah program aplikasi Countdown Timer yang keren. Seperti program countdown timer pada umumnya, TimeIsUp! berguna untuk menghitung-mundur waktu detik-demi-detik hingga durasi waktu yang ditetapkan habis dan membunyikan alarm.

Lantas, apa yang membuat TimeIsUp! keren? Cukup banyak. Simak baik-baik ya.

 

1. Sebagai Tool Untuk Pomodoro Technique

TimeIsUp! dibuat karena terinspirasi oleh Pomodoro Technique, yakni suatu cara/proses untuk meningkatkan produktivitas dengan menerapkan sebuah sistem manajemen waktu yang sangat sederhana, namun sangat efektif.

Jutaan orang telah merasakan “khasiat” dari Pomodoro Technique. Pomodoro Technique mengajarkan untuk bekerja bersama waktu, bukan bekerja melawan waktu.

Pomodoro Technique membutuhkan alat bantu berupa Timer. Kita bisa menggunakan Kitchen Timer, Jam Weker atau program aplikasi Countdown Timer yang berjalan pada laptop atau gadget. Dengan Pomodoro Technique, kita akan belajar dan melatih diri untuk:

  • menghargai waktu dan memanfaatkannya dengan sungguh-sungguh
  • meningkatkan motivasi dan determinasi
  • mengatasi interupsi/gangguan
  • meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • mengambil keputusan dengan baik
  • menyelesaikan lebih banyak pekerjaan (lebih produktif)

Pomodoro Technique memiliki beberapa langkah pokok yang harus dijalankan dengan disiplin, yakni:

  1. Tentukan satu pekerjaan yang ingin diselesaikan
  2. Set Countdown Timer selama 25 menit (1 Pomodoro)
  3. Kerjakan pekerjaan dengan sungguh-sungguh hingga Countdown Timer berbunyi
  4. Catat bahwa kita sudah menyelesaikan 1 Pomodoro
  5. Istirahat sejenak (5 menit). Manfaatkan untuk mengevaluasi kinerja dan mengatur pekerjaan selanjutnya
  6. Ulangi langkah 1. Dan setelah 4 kali Pomodoro, istirahat agak lama (20-30 menit)

Dengan menerapkan Pomodoro Technique, kita juga akan mengetahui berapa waktu yang kita butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang rutin kita lakukan, sehingga kita dapat melakukan evaluasi dan melakukan improvisasi terhadap kinerja kita.

Btw, Anda juga boleh menggunakan TimeIsUp! sebagai Countdown Timer untuk keperluan yang lain, misalnya: Countdown Timer Ujian, Countdown Timer Durasi Presenstasi dan lain-lain.

 

2. Dua Mode Tampilan

TimeIsUp! memiliki 2 mode tampilan, yakni tampilan dengan window berukuran kecil (504×28 pixel) dan tampilan dengan window berukuran besar (800×480 pixel). Untuk mengubah ukuran window, cukup dengan melakukan operasi mouse Double-Click pada gambar tampilan. Tampilan window kecil akan berubah menjadi tampilan window besar ketika di Double-Click dan sebaliknya.

Contoh tampilan masing-masing mode dapat dilihat pada screenshot berikut ini.

TimeIsUp! dengan window ukuran kecil seperti di atas sangat cocok untuk pekerjaan yang kita lakukan di komputer seperti mengetik naskah, menulis kode program dan lain-lain.

Sedangkan window ukuran besar seperti di bawah ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan diluar komputer seperti: menyolder, menata meja dan rak buku, merawat kenari dan lain-lain. Tampilan digit timer yang besar dapat dilihat dari jarak yang cukup jauh. Memang tidak fullscreen, tapi ukuran 800×480 sudah sangat besar.

 

3. Pengoperasian Yang Mudah

TimeIsUp! sangat mudah digunakan. Popup-Menu dapat diakses dengan melakukan operasi mouse Klik-Kanan (Right-CLick) pada window aplikasi. Popup-Menu memiliki beberapa item yakni:

Penjelasan secara rinci dari masing-masing item menu adalah sebagai berikut:

  • About

    Program akan menampilkan Window About ketika Anda memilih Menu-Item ini. Contoh tampilannya seperti screenshot di bawah ini.

  • Key/Mouse Commands

    Ketika Anda memilih Menu-Item ini, maka program akan menampilkan Window Commands yang berisi daftar singkat tentang bagaimana Anda dapat mengoperasikan program TimeIsUp!. Contoh tampilannya seperti screenshot di bawah ini.


    Untuk menjalankan timer (Start) atau menghentikan timer (Pause), tekan tombol SPASI pada keyboard. Dan untuk mereset timer, tekan tombol DEL.

    Nilai timer dapat diatur menggunakan 3 tombol, yakni: H/h untuk HOUR (Jam), M/m untuk MINUTE (Menit) dan S/s untuk SECOND (Detik).

    Ketika program tampil dalam window ukuran kecil, Anda dapat mengubah warna tampilan dengan menekan tombol 0 s/d 9 atau tombol panah Kiri/Kanan. Tersedia 10 pilihan warna yang sangat menarik yang semoga saja cocok dengan selera Anda.

    TimeIsUp! memiliki 2 mode tampilan: kecil dan besar. Anda dapat mengubah mode tampilan dengan melakukan Double-Click menggunakan tombol kiri mouse.

    Dan untuk mengakhiri program TimeIsUp!, tekan tombol ESCAPE.

  • Change Color

    Menu-Item ini hanya berlaku pada saat program berada pada mode tampilan kecil. Tersedia 10 macam pilihan warna yang sangat menarik yang dapat Anda pilih. Pemilihan warna tampilan juga dapat dilakukan dengan menekan tombol 0-9 atau tombol panah Kiri/Kanan.

  • A Minute Bell

    Menu-Item ini bersifat toggle. Secara default nilainya adalah CHECKED (tercentang). Anda dapat mengubah status CHECKED menjadi UNCHECKED atau sebaliknya dengan memilih Menu-Item ini.

    Ketika A Minute Bell = CHECKED, maka ketika timer running, program akan membunyikan bunyi bel singkat seperti bunyi bel pada pertandingan tinju sebagai pengingat bahwa waktu Anda sudah berkurang 1 menit.

  • Settings

    Program akan menampilkan Window Setting ketika Anda memilih Menu-Item ini. Tampilannya seperti screenshot di bawah ini.

    Pada Window Settings, Anda dapat: mengedit Task, berinteraksi dengan modul USB-1REL (bila ada) dan memilih mode aktivasi relay USB-1REL.

  • Exit

    Ingin keluar dari program TimeIsUp! ? Pilih Menu-Item ini atau tekan ESC.

4. Suara “TENG!!!” Setiap Menit

Untuk lebih mengintensifkan rasa urgensitas, maka program TimeIsUp! akan membunyikan bunyi bel yang sangat nyaring setiap 1 menit.

Fungsinya adalah sebagai pengingat bahwa waktu Anda sudah berkurang 1 menit, kembalilah fokus dan manfaatkan waktu sebaik-baiknya.

Anda dapat mematikan fitur ini dengan mengubah status Menu-Item A Minute Bell yang semula CHECKED (tercentang) menjadi UNCHECKED melalui Popup-Menu yang tersedia.

 

5. Membunyikan Alarm Ketika Countdown Timer Selesai

Ketika timer telah mencapai 00:00:00, maka program akan membunyikan suara alarm dan menampilkan Window TimeIsUp!.

Dan selanjutnya menampilkan Window Result yang berfungsi sebagai review.

 

6. Dapat Diintegrasikan Dengan Modul Relay

Salah satu fitur yang sangat menarik dari program TimeIsUp! adalah dapat diintegrasikan dengan modul interface USB-1REL.

USB-1REL adalah modul interface USB untuk mengontrol relay 1-channel. Modul ini sangat praktis karena tidak membutuhkan catudaya eksternal alias USB-Powered.

Relay pada modul USB-1REL dapat digunakan untuk mengaktifkan beban peralatan listrik seperti lampu, bel/sirine, kipas, pemanas listrik atau yang lain.

Dengan 2 mode aktivasi relay (ON-DELAY atau OFF-DELAY), Anda dapat memfungsikan program TimeIsUp! untuk keperluan lain seperti:

  • memanaskan pemanas pada laboratorium fisika/kimia selama 10 menit (OFF-DELAY)
  • mengaktifkan bel/sirine ketika waktu ujian berakhir (ON-DELAY)
  • mematikan perangkat audio/video ketika timer berakhir (OFF-DELAY)
  • dan lain-lain sesuai kebutuhan atau kreatifitas Anda

Jika mode aktivasi diset NONE, maka program tidak akan melakukan akses modul interface USB-1REL.

 

7. TimeIsUp! Adalah Freeware Alias Gratis

Ini adalah fitur terkeren dari TimeIsUp! Anda dapat mengunduh program TimeIsUp! secara gratis dan menggunakannya semau Anda. Dan Anda juga dipersilakan untuk membagikan program ini kepada siapapun yang Anda suka.

 

Saran dan Kritik

Anda dapat melayangkan saran dan kritik yang membangun melalui:

  • email info–a-t–usbinov–d-o-t–com
  • whatsapp +62 81231784018

 

Selamat belajar. Selamat berkarya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>