Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

USB10RC – Program CLI (Command-Line Interface) Untuk Mengontrol Modul USB Relay 10-Channel

Setiap modul antarmuka USB produk dari TELINKS dan USBINOV dilengkapi dengan program CLI (Command-Line Interface) untuk memudahkan user melakukan pengontrolan melalui console atau bahasa skrip seperti Batch, Shell atau PHP. Jadi selain contoh program versi GUI seperti contoh (screenshot) di bawah ini, kami juga menyediakan program CLI siap-pakai, baik untuk platform Windows, Linux maupun Linux ARM.

Untuk modul USB-10REL, yakni modul interface USB dengan output relay 10-channel, program CLI ini saya beri nama USB10RC.  Program ini saya buat menggunakan bahasa pemrograman C. Untuk versi Windows, saya tetap mengandalkan Pelles C, yakni kompiler bahasa C yang gratis.

Screenshot di atas menunjukkan parameter-parameter yang dapat diterima oleh program CLI usb10rc.exe. Penggunaan program usb10rc.exe juga sangat gampang.

Untuk mengaktifkan Relay-1 pada modul USB-10REL dengan ID = USB10REL-017, maka perintahnya adalah:

   usb10rc USB10REL-017 R1

Untuk mengaktifkan Relay-2 selama 3 detik, perintahnya adalah:

   usb10rc USB10REL-017 R2 d30 r2

Untuk membuat relay sekuensial sederhana, contoh perintahnya adalah:

   usb10rc USB10REL-017 R1 d50 R2 d30 R3 d10 r1 r2 r3

Dengan perintah tersebut, Relay-1 akan aktif pertama kali, 5 detik kemudian Relay-2 aktif dan 3 detik kemudian Relay-3 aktif selama 1 detik, dan selanjutnya Relay-1, Relay-2 dan Relay-3 off.

Sangat mudah, bukan?

Dengan program CLI ini, maka kita dapat mengontrol relay-relay pada modul USB-10REL menggunakan bahasa skrip apapun, asalkan memiliki fasilitas memanggil program eksternal.

Selamat belajar. Selamat bekerja.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>