Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

REBOL3 – Contoh Program Kontrol Relay 50-Channel

Pada tulisan singkat ini saya akan memberikan contoh program REBOL3 untuk pengontrolan sistem relay 50-channel menggunakan komputer melalui port serial (USB-to-Serial). Berikut ini adalah foto sistem relay 50-channel yang saya buat menggunakan board mikrokontroler Arduino Mega 2560.

Program pada Arduino akan menyeleksi data perintah yang dikirim oleh komputer melalui port serial dengan baudrate 9600. Untuk mengaktifkan RELAY-1, maka komputer harus mengirimkan “R0″. Dan untuk mematikan RELAY-1, komputer harus mengirimkan “r0″. Untuk RELAY-2, RELAY-3, dan seterusnya digunakan label 1, 2, 3, 4, 5, sampai _, `, a. Sehingga untuk mengaktifkan RELAY-50, perintahnya adalah “Ra”. Dan untuk mematikan RELAY-50 perintahnya adalah “ra”.

Program REBOL3 ini saya gunakan untuk menguji sistem relay 50-channel, baik pada platform Windows maupun Linux. Berikut adalah kode programnya.

REBOL [
   Deskripsi: "Program Pengujian Sistem Relay 50-Channel"
   Programmer: "Chandra MDE"
   Website: http://www.usbinov.com
]

print "Pengujian Sistem Relay 50-Channel"

print "Buka port serial"
ser: open serial://com5/9600
; untuk linux, com5 diganti dengan ttyUSB0 atau yang lain

for i 48 97 1 [
   write ser join "R" to-char i
   wait 1
]

for i 1 1000 1 [
   print [i "ALL RELAY ON"]
   write ser "X"
   wait 5
   print "ALL RELAY OFF"
   write ser "x"
   wait 3
]

close ser

Setelah membuka port serial, program akan masuk ke perulangan for yang pertama. Pada perulangan ini, program akan mengirimkan perintah berupa deretan karakter (string) “R0″, “R1″, “R2″, dst. dengan jeda antar pengiriman perintah 1 detik.

Pada perulangan kedua, program mengirimkan perintah “X” dan “x” secara bergantian dengan jeda 5 detik dan 3 detik. Perintah “X” akan mengaktifkan semua relay dan perintah “x” akan mematikan semua relay.

 

Sekilas Tentang REBOL3

REBOL3 adalah interpreter multi-platform yang tersedia gratis dan opensource. Adalah AtronixEngineering yang menggunakan REBOL3 untuk mengembangkan produk HMI (Human-Machine Interface) mereka yang bernama ZOE (Zooming Operator Environment). Programmer mereka secara kontinyu mengembangkan REBOL3 dan menyediakan REBOL3 secara gratis bagi penggemarnya.

REBOL3 merupakan jawaban bagi Anda yang suka kemudahan dan kesederhanaan. REBOL3 tidak membutuhkan instalasi apapun pada sistem. Aplikasi REBOL3 hanya terdiri dari sebuah program interpreter REBOL3 dan kode program REBOL3.

REBOL3 tersedia untuk berbagai platform antara lain: Windows 32-bit dan 64-bit, Linux 32-bit dan 64-bit dan Linux ARMv7.

Nah, silakan mencoba REBOL3 jika Anda penasaran. Selamat belajar dan selamat berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>