Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Mengontrol Relay Secara Remote Melalui Jaringan Dengan Program Network Remote (USB-1REL)

Modul USB-1REL adalah rangkaian interface komputer untuk mengontrol relay eksternal dengan perantaraan port USB. Modul ini sangat praktis karena tidak memerlukan catudaya dari luar (USB-Powered). Relay pada modul ini dapat digunakan sebagai power-driver untuk menggerakkan beban bertegangan AC maupun DC. Selain untuk menggerakkan beban, kontak relay juga dapat digunakan sebagai kontak pemicuan (trigger). Pada prakteknya, modul USB-1REL banyak sekali digunakan oleh user sebagai piranti antarmuka untuk mengontrol barrier-gate seperti tripod-turnstile dan flapgate.

Modul USB-1REL dilengkapi dengan driver dan program utilitas untuk mengoperasikan modul secara instan. Pembuat USB-1REL (kami) juga menyediakan berbagai contoh program (lengkap dengan kode program) untuk memudahkan pengguna dalam mengembangkan program sesuai dengan aplikasi dan bahasa pemrograman yang digunakannya.

Sampai dengan saat ini, kami telah berhasil mendukung user yang menggunakan bahasa pemrograman Bash, Basic, C, Delphi/Lazarus, JavaScript, PHP, Python, REBOL, VB6, VB.NET. Dan untuk lebih memudahkan semua programmer dan semua bahasa pemrograman, maka kami juga menyediakan program Command-Line Interface (CLI).

 

Program Network Remote USB-1REL

Program Network Remote adalah sebuah program utilitas yang dapat menjembatani komputer lain yang terhubung dalam satu jaringan untuk mengakses dan mengontrol modul USB-1REL yang terhubung pada komputer lain (dalam satu jaringan).

Dengan program utilitas ini, seorang Admin dapat mengontrol (on/off) relay USB-1REL yang terhubung pada PC Server dari PC lain dengan menjalankan program remote yang kami sediakan.

Mengapa program network remote semacam ini diperlukan?

Bayangkan jika modem pada PC Server Anda mengalami HANG dan Anda perlu meresetnya, sementara PC Server Anda terletak di ruangan lain. Nah, dengan program network remote, kita dapat mengontrol USB-1REL dari jarak jauh untuk mereset power modem yang HANG tersebut.

Adapun prinsip kerja dari program network remote ini sangatlah sederhana. Program terdiri dari dua buah program yakni program server dan program remote. Program server berfungsi menerima koneksi dan perintah yang dikirim dari PC lain yang menjalankan program remote untuk menghubungi dan mengirim perintah.

Program server dan remote ini saya buat menggunakan bahasa C dengan memanfaatkan library Distributed Messaging ZeroMQ. Sebenarnya dengan pemrograman TCP Socket biasa juga bisa, tapi itung-itung sambil belajar dan mencoba Library ZeroMQ yang notabene sudah sangat terkenal dan banyak digunakan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ZeroMQ, Anda dapat mengunjungi situsnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa screenshot program server dan remote yang saya buat menggunakan Pelles C.

Cara pengoperasian program adalah sebagai berikut:

  1. Jalankan program USB1RSVR.EXE pada PC dengan modul USB-1REL.
  2. Jalankan program USB1RNET.EXE pada PC lain dalam satu jaringan.

Program USB1RSVR.EXE membutuhkan parameter ID modul USB-1REL dan nomor port komunikasi yang akan digunakan. Pada contoh di atas, ID modul USB-1REL adalah USB-1REL-240 dan nomor port yang digunakan adalah 8008.

Setelah program aktif, maka program dapat menerima koneksi dan perintah dari PC lain dan meneruskannya ke modul USB-1REL. Untuk mengakses USB-1REL digunakan program USB1RNET.EXE.

 

Program USB1RNET.EXE membutuhkan parameter IP Address, nomor port dan perintah. Pada contoh di atas ini, USB1RNET.EXE akan berusaha membuka koneksi dengan USB1RSVR.EXE pada PC dengan IP Address 192.168.1.200 dan nomor port 8008.

Adapun perintah yang dikirimkan adalah “ON D200 OFF” yang artinya:

  1. Aktifkan relay
  2. Delay selama 200 * 10ms = 2000ms = 2 detik
  3. Matikan relay

Dengan perintah tersebut maka modem HANG yang ada pada PC Server dapat kita reset powernya dari jarak jauh.

Semoga bermanfaat.

Selamat belajar. Selamat berkarya.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>