Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Mengontrol Relay 32-Channel Menggunakan Lazarus/Freepascal

Sistem pengontrolan relay 32-channel ini kami buat menggunakan board Arduino Mega2560 (Pro) dan 4 buah board relay 8-channel. Dan untuk pemrograman komputer, kami menggunakan Lazarus/Freepascal.

Mikrokontroler akan standby dan menunggu perintah dari komputer. Komputer mengirimkan perintah untuk mengaktifkan atau mematikan relay melalui komunikasi serial. Ketika komputer mengirimkan perintah dan perintah tersebut dikenali oleh mikrokontroler, maka mikrokontroler akan mengaktifkan/mematikan relay sesuai dengan perintah tersebut.

relay32channel

Untuk dapat menjalankan sistem dengan mantap, dibutuhkan catudaya DC 5V dengan kapasitas arus minimal 2A.

 

Program Relay 32-Channel Versi Console

Program CLI (Command-Line Interface) untuk Serial Relay 32-Channel ini bekerja sangat sederhana. Program menerima parameter berupa string yang tersusun dari karakter ‘0’ atau ‘1’ atau ‘x’. Karakter ‘1’ berarti ON. Karakter ‘0’ berarti OFF. Dan karakter ‘x’ berarti DONT-CARE.

r32console

Sebagai contoh, untuk mengaktifkan Relay-1 dan Relay-4 dan mematikan Relay-2 serta mengabaikan Relay-3, maka perintahnya adalah sebagai berikut:

C:\> r32 10x1

Untuk mengaktifkan Relay-10 dan mematikan Relay-1 s/d Relay-9, maka perintahnya adalah:

C:\> r32 0000000001

Kami selalu menyediakan program CLI untuk mengontrol relay untuk memudahkan pengguna yang ingin mengontrol relay menggunakan pemrograman scripting.

Berikut ini adalah screenshot IDE Lazarus/Freepascal untuk Relay 32-Channel versi console.

relay32consolefreepascal

 

Program Relay 32-Channel Versi GUI

Selain menyediakan program CLI untuk mengontrol relay melalui console, kami juga menyediakan program versi GUI lengkap dengan source-code. Pada tulisan ini kami tampilkan contoh program versi GUI yang kami buat menggunakan Lazarus/Freepascal seperti halnya versi console di atas. Selain Lazarus/Freepascal, kami juga menyediakan contoh program dalam beberapa bahasa pemrograman yang lain seperti BASIC, C, PHP, Python, REBOL, VB6 dan VB.NET.

r32gui

Berikut ini adalah screenshot IDE Lazarus/Freepascal untuk program Relay 32-Channel versi GUI.

relay32guifreepascal

 

Aplikasi

Sederhana namun banyak kegunaannya. Relay 32-Channel dapat diaplikasikan pada Sistem Pengaturan Lampu lalu-lintas dan juga pada Sistem Manajemen Daya yang secara otomatis mengatur kondisi (ON/OFF) dari lampu penerangan dan Air-Conditioner ON sesuai waktu yang telah dijadwalkan untuk efisiensi pemakaian daya listrik.

Selain itu, Relay 32-Channel juga dapat diaplikasikan pada sistem billing yang akan secara otomatis mematikan kanal yang telah habis masa pakainya. Contoh: rental meja biliar dan rental playstation.

 

Whatsapp

Hubungi kami melalui WA dengan nomor 081-231-784018.

Selamat berkarya.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>