Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

WOW! JustBASIC, Interpreter Bahasa BASIC For Windows Jadul, Ternyata Masih Update. Cobain Yuk!

Tahukah Anda apa JustBASIC itu? JustBASIC adalah software interpreter bahasa BASIC yang diciptakan oleh Carl Gundel. JustBASIC adalah FREEWARE, kita bisa mengunduh, menyebarkan dan menggunakannya secara bebas meski untuk keperluan komersial. JustBASIC adalah versi gratisan dari Liberty BASIC yang lebih komplit.

Pagi ini, saya cukup terkejut ketika membaca info bahwa JustBASIC v2.0 beta 2 sudah bisa diunduh. Wow! JustBASIC, software jadul yang saya yakin Anda dan banyak pembaca lain tidak mengetahui keberadaannya, ternyata masih updated, masih dikembangkan. Apa yang ingin dicapai oleh pembuatnya? Entahlah. Saya bukan seorang analis. Tapi apapun alasannya, yang pasti saya sangat mengapresiasi update ini. Dan saya merasa mendapat tambahan motivasi untuk tetap berkarya dan mempercayai karya dan produk yang saya buat.

Dan saya merasa mendapat tambahan motivasi untuk tetap semangat berkarya dan mempercayai produk yang saya buat.

Sebagai manusia yang sempat menggunakan JustBASIC v1.1 dan menyukai konsep pemrogramannya, saya merasa berkewajiban untuk mengekspos kabar gembira ini.

JustBASIC dikembangkan sejak tahun 1992. Saya kenal dan menggunakan JustBASIC pada tahun 2013. Tapi karena keterbatasan fitur pada versi 1.1, maka saya beralih ke interpreter BASIC lain yang lebih komplit, yakni ThinBASIC.

JustBASIC memang bukanlah tool pemrograman yang mumpuni. JustBASIC sederhana dan mudah. Kesederhanaan dan kemudahan JustBASIC merupakan buah manis yang dihasilkan dari bertahun-tahun pengalaman Carl Gundel berkutat dalam pemrograman Windows. Meskipun tidak memiliki banyak fitur, tapi JustBASIC layak digunakan untuk membuat aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu kompleks. Kalau sekedar untuk ngobrol atau berkomunikasi secara serial dengan Arduino, JustBASIC masih sanggup laaa.

JustBASIC v2.0 beta 2 mendukung Windows 10. Dan pada versi terbaru ini, batas penggunaan memori telah ditingkatkan dari 70MB menjadi 256MB.

JustBASIC v2.0 beta 2 juga menyertakan fungsi ON ERROR GOTO dan RESUME yang sangat handy untuk mencegat adanya kesalahan (error) dan menanggapi kesalahan tersebut.

JustBASIC juga memiliki fasilitas untuk membuat aplikasi standalone. JustBASIC v2.0 beta 2 mempunyai file aplikasi bernama jbrun2.exe yang berfungsi untuk menjalankan file aplikasi JustBASIC yang telah ditokenisasi. Proses tokenisasi akan menghasilkan file .TKN yang running lebih cepat dari versi .BAS. Dengan cara ini kita bisa mendistribusikan aplikasi JustBASIC tanpa harus melakukan instalasi program JustBASIC pada komputer. Cukup menyertakan jbrun2.exe dan JustBASIC Runtime Engine yang telah tersedia.

 

Instalasi JustBASIC v2.0 beta 2

Langkah pertama tentunya adalah mengunduh installernya. Anda dapat mengunduh file installer JustBASIC v2.0 beta 2 menggunakan link berikut ini:

http://www.libertybasic.com/jb20b2setup.exe

Langkah selanjutnya adalah menjalankan file installer tersebut.

Berikut adalah beberapa screenshot yang saya ambil ketika saya melakukan instalasi JustBASIC v2.0 beta 2 pada netbook win7 saya.

 

Contoh Program Sederhana

Berikut ini adalah beberapa screenshot hasil percobaan saya dengan JustBASIC v2.0 beta 2. Lumayan. Setidaknya JustBASIC ini cocok untuk pemrogram berplatform Windows yang mendukung FREEWARE dan OPENSOURCE.

Nah, saya sudah mencoba JustBASIC v2.0 beta 2, sekarang giliran Anda untuk mencobanya.

 

Postingan Tentang JustBASIC

Beberapa postingan lama tentang penggunaan JustBASIC untuk mengontrol relay bisa Anda baca dengan mengikuti link berikut ini:

https://telinks.wordpress.com/?s=justbasic

Selamat belajar dan tetap semangat berkarya!

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>