Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Dapat Hibah Board Dan IC Mikrokontroler LogicGreen Dari One-Electronic

Kemarin (16 Februari 2018) saya mendapatkan paket berisi beberapa board mikrokontroler dan IC mikrokontroler dalam jumlah yang cukup banyak. Paket ini merupakan hibah dari Pak Iwan Chandra, pemilik lapak Tokopedia One-Electronic.

Tipe mikokontrolernya masih asing bagi saya, produsennya bernama LogicGreen. Beberapa tipe diklaim kompatibel dengan AVR ATmega8/88/328. Dan ada juga tipe dengan kaki 8-pin yang diklaim kompatibel dengan Microchip 12F609. Saya baru sekilas saja browsing-browsing dan belum membaca datasheetnya, jadi belum paham spesifikasi masing-masing IC yang ada.

Beberapa tipe IC mikrokontroler yang saya terima antara lain:

  • LGT8F08A
  • LGT8F88A
  • LGT8P653A

LGT8F88A telah diproduksi juga dalam bentuk board Arduino clone seperti yang diberitakan di situs blog Cnx-Soft. Kalau pada umumnya Arduino clone itu menggunakan mikrokontroler AVR ATmega328, maka cloningan yang ini sungguh istimewa karena pakai IC mikrokontroler cloningan ATmega. Hehehe.

Dan yang paling menarik bagi saya adalah LGT8P653A yang katanya kompatibel dengan Microchip 12F609. IC ini berkaki 8. Jika menilik datasheet PIC12F609, mikrokontroler ini memiliki 1K Flash Memory, 64 bytes RAM, 5 pin IO, 1 pin komparator. Sangat minimalis karena memang ditujukan untuk aplikasi yang minimalis.

Dan dengan ini saya ucapkan terima kasih kepada Pak Iwan atas hibahnya. Semoga kedepannya, saya bisa berbagi informasi tentang mikrokontroler LogicGreen dan bisa menjalin kerjasama yang lebih baik lagi dengan One-Electronic.

Selamat belajar dan selamat berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>