Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Berkenalan Dengan Blue Pill, Board Mikrokontroler STM32F103C8T6

Blue Pill adalah sebutan untuk board mikrokontroler mini dengan warna biru. Sebutan ini melekat pada board mikrokontroler STM32F103C8T6 buatan Cina. Sudah lama saya ingin mencoba board ini tapi baru beberapa hari yang lalu kesampaian. Sebelumnya saya sudah mencoba board mini STM32F030 dengan jumlah GPIO yang lebih sedikit.

Board STM32F103C8T6 ini saya beli dengan harga 40 ribu rupiah. Harga yang relatif murah untuk board bermesin 32-bit. Untuk aplikasi yang bisa diatasi dengan mesin 8-bit, tentunya board STM8S103F3P6 dengan harga 15 ribu jauh lebih ekonomis.

Nah, berikut ini adalah penampakan board mini STM32F103C8T6, lengkap dengan USB Programmer ST-Link V2, konverter USB-to-TTL, dengan background console dimana program terminal folie sedang berinteraksi dengan Mecrisp-Stellaris, yakni sistem Forth yang telah saya tanamkan pada flash mikro STM32F103C8T6.

 

Fitur Blue Pill STM32F103C8T6

Fitur singkat board Blue Pill STM32F103C8T6 adalah sebagai berikut:

  • ARM Cortex M3
  • 72 MHz
  • 64 KB/128 KB Flash
  • 20 KB RAM
  • Reset button
  • LED on PIN PC13
  • 32 kHz Real time clock crystal
  • Jump links on Boot0 and Boot1
  • Micro USB connector for power and data
  • ST-Link header on the top of the board.
  • 32 pin GPIO
  • 10 pin ADC
  • USART, SPI, I2C, CAN BUS, USB

Fitur yang sangat hebat. Tapi untuk saya yang kebutuhan aplikasinya masih relatif sederhana, kebanyakan fitur tersebut belumlah saya dayagunakan.

 

Layout Pin Blue Pill STM32F103C8T6

Meminjam gambar dari wikipedia, berikut adalah layout pin board Blue Pill STM32F103C8T6.

 

Mecrisp-Stellaris

Mecrisp adalah implementasi Forth untuk mikrokontroler MSP430. Sedangkan Mecrisp-Stellaris adalah turunan dari Mecrisp yang dikembangkan untuk mikrokontroler ARM Cortex-M0, M3, M4 dan M7. Karena saya penggemar bahasa Forth, maka saya menggunakan Mecrisp-Stellaris untuk “menghidupkan” board STM32F103C8T6.

Yang perlu diketahui adalah bahwasanya board Blue Pill ini tidak bisa langsung ditanami karena fitur Read Out Protection-nya diaktifkan. Jadi sebelum dapat memrogramnya, perlu terlebih dahulu menon-aktifkan fitur tersebut.

 

folie

folie adalah program terminal yang khusus dibuat untuk keperluan bereksplorasi dengan Mecrisp-Stellaris. Selain folie, tentunya kita bisa menggunakan program terminal lain seperti Hyperterminal, putty dan picocom.

Nah, sekarang saya bisa mulai mengeksplorasi STM32F103C8T6. Gak sabar pingin segera bikin board WIFI-IOIOIO dengan jumlah GPIO yang lebih banyak.

WIFI-IOIOIO adalah board programmable IO dengan koneksi Wi-Fi yang saya susun menggunakan board STM8S103F3P6 dan ESP-01. Penampakannya seperti berikut ini.

Dengan board ini, Anda tidak perlu melakukan pemrograman kalau hanya ingin mengontrol output dan membaca input (digital/analog) secara wireless melalui koneksi Wi-Fi.

Keren, bukan? 😀

Nah, sekian dulu, semoga cerita singkat ini bermanfaat.

 

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>