Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Membuat Sequential Relay Untuk Mesin Pengisian Air Kemasan Dengan Modul SER-2REL

Sequential Relay atau Sequential Timer adalah sistem yang terdiri dari 2 atau lebih relay yang dikontrol untuk dapat bekerja secara berurutan dengan periode waktu yang telah ditentukan. Salah satu contoh aplikasi Sequential Relay adalah untuk otomasi pengisian air kemasan. Pada eksperimen ini, saya akan membuat Sequential Relay untuk mesin pengisian air kemasan dengan menggunakan modul SER-2REL.

 

Otomasi Pengisian Air Kemasan

Sistem otomasi pengisian air kemasan sederhana hanya membutuhkan pengontrolan motor penggerak konveyor dan pengontrolan solenoid valve. Proses pengisian dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Motor Konveyor ON, berfungsi menggerakkan gelas kosong ke posisi tepat dibawah valve pengisian. Penempatan posisi gelas menggunakan pewaktuan (tanpa sensor), oleh karenanya penempatan posisi awal gelas harus seragam. Kita anggap, untuk menggerakkan gelas kosong dari posisi awal ke bawah valve pengisian, Motor Konveyor harus ON selama 5 detik.
  • Solenoid Valve ON, berfungsi untuk membuka katup valve pengisian. Kita anggap waktu yang dibutuhkan untuk mengisi gelas adalah 3 detik.

Dari gambaran proses di atas, maka kita dapat membuat urutan kerja kontrol sebagai berikut:

  1. RELAY-1 ON (motor konveyor on)
  2. DELAY 5000 MILIDETIK
  3. RELAY-1 OFF (motor konveyor off)
  4. DELAY 500 MILIDETIK
  5. RELAY-2 ON (solenoid-valve on)
  6. DELAY 3000 MILIDETIK
  7. RELAY-2 OFF (solenoid-valve off)
  8. DELAY 1000 MILIDETIK
  9. END / LOOP

 

SER-2REL

SER-2REL adalah modul interface serial dengan 2-channel relay. Dengan modul ini, kita dapat mengontrol 2 buah relay menggunakan program komputer melalui port serial RS232 dengan baudrate 2400.

ser2rel_320

SER-2REL memiliki Command-Line Interface yang dapat digunakan untuk mengontrol relay dari layar console (command-prompt). Program CLI ini bernama SER2RC.EXE. Berikut ini adalah tampilan parameter yang disediakan oleh program SER2RC.EXE.

ser2rc

Dengan menggunakan program Command-Line Interface SER2RC.EXE, kita dapat dengan mudah membuat urutan kerja kontrol di atas dengan memberikan parameter-parameter sebagai berikut:

>SER2RC.EXE COM1 A D 5000 Y D 500 B D 3000 Z D 1000

Berikut ini adalah tampilan hasil eksekusi perintah di atas.

ser2rcisian

Looping Menggunakan Batch File

Proses pengisian dapat dilakukan secara berulang dengan cara membuat sebuah file batch sederhana sebagai berikut:

@echo off
:ULANGI
SER2RC.EXE COM1 A D 5000 Y D 500 B D 3000 Z D 1000
GOTO ULANGI

 

Nah, sangat mudah bukan?

Link produk SER-2REL:

http://teknikelektrolinks.com/ser-2rel/ser-2rel.htm

Selamat belajar dan selamat berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>