Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Mengontrol Tripod Turnstile Dari Komputer Melalui Port USB Menggunakan Modul USB-1REL

Tripod Turnstile

Torno_de_pie_T2-2602Turnstile adalah sebuah mekanisme gerbang (gate) yang hanya bisa dilewati oleh satu orang saja pada satu waktu. Turnstile digunakan pada pintu masuk/keluar gedung, antrian loket dan pada pintu masuk/keluar stasiun MRT/Subway Train. Pada penerapannya, turnstile dilengkapi dengan sistem akses sehingga turnstile hanya dapat diputar (dilewati) jika akses diberikan. Sistem akses dapat berupa sensor kedatangan inframerah, kartu magnetik (rfid), barcode, fingerprint dan lain-lain. Prinsip kerjanya adalah jika sensor aktif maka sistem akan mengaktifkan solenoid sehingga tuas pengunci turnstile tertarik dan tunstile pun bebas berputar dan orang dapat melaluinya.

Sistem Kontrol Tripod Turnstile

Bagaimana cara mengontrol kondisi buka/tutup dari turnstile menggunakan komputer atau mini-komputer semacam Raspberry Pi? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan modul USB-1REL, yakni modul antarmuka USB yang dapat mengontrol 1 buah relay. Berikut adalah blok diagram sistemnya.

usb1rel_turnstile

Penjelasan prinsip kerjanya adalah sebagai berikut. Komputer menerima masukan dari sensor seperti RFID, Bacode Scanner atau Fingerprint Scanner. Selanjutnya data dari sensor diidentifikasi oleh program komputer. Jika data memenuhi kriteria atau kualifikasi, maka akses diberikan dengan membuka kunci turnstile (mengaktifkan solenoid). Untuk mengaktifkan solenoid, komputer mengirimkan perintah kepada modul USB-1REL untuk mengaktifkan relaynya. Setelah pemilik akses melalui pintu gerbang, komputer mengirimkan perintah kepada modul USB-1REL untuk mematikan relaynya sehingga solenoid kembali ke posisi mengunci.

Keunggulan Modul USB-1REL

Berikut ini adalah beberapa keunggulan modul USB-1REL:

  1. Tidak memerlukan catudaya eksternal (USB-Powered)
  2. Menggunakan antarmuka port USB (bukan serial)
  3. Memiliki ID yang unik pada masing-masing modul yang dapat dimanfaatkan untuk menambah proteksi pada software buatan Anda
  4. Dukungan sistem operasi Windows, Linux dan Linux-ARM (Raspberry Pi, OrangePi, dll)
  5. Dukungan kode program dalam berbagai versi bahasa pemrograman
  6. Dukungan program Command-Line Interface (CLI) dalam versi Windows, Linux dan Linux-ARM

usb-1rel

Instalasi Solenoid Turnstile

Adapun instalasi solenoid turnstile ke modul USB-1REL adalah sebagai berikut.

usb1rel_solenoid

Ketika relay dalam keadaan off, maka kontak NO dan COM dalam posisi terbuka dan solenoid tidak dilewati arus (solenoid off). Dan ketika relay dalam keadaan on, maka kontak NO dan COM akan terhubung sehingga solenoid akan dialiri arus (solenoid on).

Tampilan Contoh Program USB-1REL

Berikut adalah beberapa tampilan contoh program yang kami buat menggunakan bahasa C dan REBOL.

usb1rel_c

usb1rel_rebol

usb1rel_cli

Contoh Kode Program Kontrol USB-1REL Dalam Bahasa Python

usb1rel_python

Nah, semoga tulisan ini bermanfaat dan jika Anda membutuhkan modul USB-1REL, Anda bisa langsung mengunjungi situsnya di www.usbinov.com/usb-1rel /index.htm atau teknikelektrolinks.com/usb-1rel/usb-1rel.htm.

Selamat berkarya.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>