Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Modul Sensor Suhu LM35 Untuk Zelio Smart-Relay Atau PLC

lm35az zelio

Gambar di samping ini adalah Modul Sensor Suhu LM35 untuk Zelio Smart-Relay maupun PLC yang siap-pakai. Modul ini memiliki tegangan keluaran 0-10V untuk range pengukuran suhu 0°C – 100°C. Modul ini membutuhkan tegangan suplai antara 12-24V DC. Oleh karenanya sangat cocok untuk digunakan bersama Zelio Smart Relay maupun PLC. Nama modulnya adalam LM35AZ.

Untuk dapat menggunakan modul sensor tersebut dengan Zelio, maka dibutuhkan tipe Zelio yang dilengkapi dengan fitur masukan analog 0-10V DC, salah satu contoh tipe Zelio dengan masukan analog adalah SR3B101BD. Dengan adanya masukan analog, maka Zelio dapat menerima masukan tegangan analog dari modul sensor. Sehingga dengan demikian, Zelio dapat digunakan untuk mengontrol keluaran sistem berdasarkan kondisi analog dari suatu sensor. Contoh aplikasinya adalah pengontrolan pemanas berdasar kondisi suhu atau pengontrolan exhaust-fan berdasar kondisi suhu.

Berikut adalah contoh program Zelio SR3B101BD yang berfungsi menampilkan suhu pada display Zelio dan melakukan kontrol, yakni menghidupkan relay ketika suhu lebih dari atau sama dengan 50°C. Aplikasinya adalah untuk menjaga suhu dalam ruangan agar tidak lebih dari 50°C.

Program dibuat menggunakan model FBD (Functional Block Diagram). Gambar dibawah ini adalah screenshot hasil simulasi ketika suhu yang diukur oleh modul sensor LM35AZ bernilai 29°C. Karena suhu belum mencapai target 50°C, maka Output Q4 masih OFF.

zelio kontrol suhu1

Gambar berikutnya adalah screenshot ketika suhu mencapai 50°C. Sesuai dengan program kontrol yang diberikan, maka Output Q4 akan ON.

zelio kontrol suhu 2

IB, IC, ID dan IE adalah masukan analog dengan ADC 8-bit yang mengubah masukan analog 0-10V menjadi digital 0-255. Komponen GAIN dalam program ini berfungsi mengkonversi (mapping) data 0-255 menjadi 0-100°C. Dan sebagai komparator digunakan komponen COMPARE dengan masukan konstanta numerik 50. Program juga menampilkan data suhu pada display Zelio (B03).

Nah, dengan menggunakan modul LM35AZ, maka Anda dapat membaca suhu dengan jangkauan 0-100°C. Harga modul relatif murah dibandingkan dengan jika Anda membeli modul ekspansi untuk sensor suhu.

Informasi harga modul sensor suhu LM35 dapat Anda baca di halaman situs LM35AZ.

Selamat berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>