Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Aplikasi Thermostat NR100 Pada Sistem Pendingin Panel Listrik

Thermostat NR100 adalah thermostat dengan mode operasional COOLING (pendingin). Thermostat ini sangat cocok untuk aplikasi seperti:

  • pendingin panel listrik menggunakan sistem sirkulasi udara
  • kontrol otomatis fan radiator mobil
  • kontrol otomatis fan CPU/amplifier/pemancar
  • kontrol suhu bio-reaktor
  • alarm suhu

Untuk aplikasi alarm suhu, output NR100 dihubungkan dengan buzzer DC12V yang akan berbunyi nyaring ketika suhu melebihi batas yang ditentukan. Aplikasi alarm suhu-tinggi atau overheated alarm dapat diterapkan untuk mengamankan perangkat pada ruang server, ruang genset atau ruang kompresor.

Sistem Pendingin Panel Listrik

Pada tulisan ini saya akan memberikan contoh aplikasi Thermostat NR100 sebagai pendingin panel listrik dengan menggunakan sistem sirkulasi udara menggunakan 2 buah fan. Perhatikan gambar ilustrasi berikut ini.

pendingin panel

Gambar di atas adalah ilustrasi sederhana sistem pendingin panel listrik menggunakan 2 buah fan untuk menghasilkan sirkulasi udara. Udara luar panel yang diasumsikan lebih dingin dibanding udara dalam panel, disedot masuk oleh fan INLET dan udara dalam panel di-blow keluar oleh fan OUTLET.

Dengan sistem ini maka akan terjadi sirkulasi udara dalam panel dimana udara panas dikeluarkan dan udara yang lebih dingin masuk ke dalam panel. Sehingga dengan demikian diharapkan suhu udara dalam panel selalu terjaga dari kondisi overheated dan rangkaian dalam panel dapat bekerja dengan baik.

Ukuran fan tergantung dari ukuran box panel dan rangkaian dalam panel. Tersedia berbagai ukuran fan yang bisa digunakan. Yang terpenting adalah NR100 mampu menggerakkan kedua fan tersebut. Dan tidak perlu kuatir karena power-driver NR100 memiliki kapasitas maksimal arus 6A!

Instalasi NR100 + Fan

Gambar di bawah ini menunjukkan diagram instalasi pendingin panel listrik menggunakan Thermostat NR100. Sangat sederhana tapi sangat bermanfaat.

pendingin panel nr100

Kedua fan (INLET dan OUTLET) akan ON ketika suhu dalam panel melebihi batas yang telah ditentukan. Kedua fan akan terus ON menghasilkan aliran udara selama suhu dalam panel masih melebihi batas.

Sederhana, bukan? Namun demikian, sistem yang sederhana ini dapat memperpanjang usia rangkaian dalam panel yang harganya sangat mahal.

Hemat Energi

Sistem pendingin panel listrik menggunakan Thermostat NR100 tergolong hemat energi karena kedua fan hanya ON ketika suhu melebihi batas yang telah ditentukan. Jika kondisi tidak terpenuhi, maka kedua fan akan OFF.

Filter Udara

Memberikan aliran udara dengan fan INLET dan OUTLET dapat menyebabkan masuknya debu ke dalam panel. Debu termasuk salah satu musuh rangkaian elektronik, terlebih lagi jika ditambah dengan udara yang lembab. Oleh karenanya, janganlah lupa menambahkan filter udara pada masing-masing lubang fan agar bagian dalam panel terjaga dari debu yang berlebihan. Dan bersihkan filter udara secara berkala.

Keuntungan Menggunakan Sistem Pendingin Panel Listrik

Dengan adanya sistem pendingin panel seperti ini, maka dapat diperoleh beberapa keuntungan yakni:

  • sistem elektrik/elektronik akan bekerja optimal pada suhu yang aman
  • mencegah terjadinya kondisi panas-lebih (overheated)
  • memperpanjang usia sistem dalam panel
  • mengurangi konsumsi daya karena fan hanya aktif ketika suhu melebihi batas yang telah ditentukan

Nah, jika Anda membutuhkan kontroler suhu atau thermostat tipe COOLING untuk pendingin panel atau piranti listrik lainnya, Anda dapat mempertimbangkanThermostat NR100.

Selamat berkarya.

 

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>