Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Programmable Relay Timer 4-Channel

pt4rel - programmable relay timer

Program PT4REL adalah sebuah program penjadwalan aktivasi relay 4-channel berdasarkan waktu (jam) dan hari yang telah ditentukan dengan model aktivasi ON-with-Duration. Dengan program ini kita dapat mengatur hari apa saja dan jam berapa relay akan aktif dan berapa lama relay tersebut akan aktif. Program ini menggunakan modul USB-4REL sebagai antarmuka pengendali relay 4-channel.

Program PT4REL siap dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan jumlah relay dan tipe modul antarmuka (USB, Serial, LPT).

Pada screenshot di atas, masing-masing relay didedikasikan pada sebuah beban yang masing-masing beban memiliki jadwal aktivasi. RELAY-1 diaplikasikan pada BEL, RELAY-2 diaplikasikan pada AC-1 (Air Conditioner), RELAY-3 diaplikasikan ada AC-2 dan RELAY-4 diaplikasikan pada Dust Collector.

Prinsip Kerja Timer

Ketika timer aktif (running), maka timer akan mengambil informasi hari apa sekarang (Today) dan mengumpulkan semua jadwal dari RELAY-1, RELAY-2, RELAY-3 dan RELAY-4 yang berlaku untuk hari tersebut (hari sekarang). Jadwal aktivasi relay-relay untuk hari sekarang tersebut ditampilkan pada tabel di bagian atas (TIMERS OF THE DAY).

Selanjutnya, timer akan melakukan komparasi antara jam sekarang dengan jam pada tabel jadwal TIMERS OF THE DAY. Jika jam sekarang match atau cocok dengan satu atau lebih jam pada jadwal, maka timer akan mengaktifkan relay-relay yang bersangkutan dan akan mematikannya setelah durasi-on relay tersebut tercapai.

Modul USB-4REL

USB-4REL

USB-4REL adalah modul antarmuka USB dengan output 4 buah relay. Dengan modul ini kita dapat mengendalikan beban (peralatan listrik) baik yang bertegangan AC maupun DC. Spesifikasi dari modul USB-4REL dapat dilihat pada tabel berikut ini.

 

Spesifikasi USB-4REL

Tegangan Kerja DC 5V eksternal
Jumlah Output 4 buah
Tipe Output Relay (Kontak NO=10A, NC=6A @250VAC)
Mikrokontroler ATtiny2313A
Driver Relay ULN2803
LED Indikator Power On, Relay1, 2, 3, 4 On
Watchdog Timer 30ms
Sistem Operasi Windows, Linux, Raspberry Pi
Software Driver libusb
Command-Line Interface usb4rc.exe, usb4rc

Aplikasi

Pada contoh screenshot di atas, program timer diaplikasikan sebagai kontrol bel otomatis (RELAY-1), kontrol AC otomatis (RELAY-2 dan RELAY-3) dan sebagai kontrol Dust Collector (RELAY-4). Dengan jumlah relay yang lebih banyak, maka akan semakin banyak pula beban yang dapat dikontrol secara otomatis berdasarkan waktu, seperti penyalaan lampu dan exhaust-fan.

Untuk fungsi bel otomatis, jika dibutuhkan hanya satu output saja (yakni bel), maka tidak perlu menggunakan modul USB-4REL. Sebagai gantinya, bisa digunakan modul USB-1REL atau USB-TC101.

Anda Berminat?

Jika Anda berminat dengan aplikasi ini atau membutuhkan aplikasi sejenis dengan jumlah relay atau model aktivasi yang berbeda, silakan menghubungi saya melalui SMS atau telepon ke 081231784018. Seperti yang telah saya sampaikan di atas, program ini siap dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Model aplikasi lain yang dapat dikembangkan adalah programmable timer dengan sequencer yang dapat digunakan untuk mengendalikan proses kerja mesin dengan urutan tertentu. Salah satu contoh mesin yang menggunakan sequencer adalah mesin packing & sealing.

Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.

Selamat berkarya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>