Teknik Elektro LinksBarrier-Gate & Turnstile Interface, Thermostat, Relay Driver, Microcontroler Board

Contoh Program Ladder Mesin Pengering Sederhana Menggunakan PLC OMRON

Belajar pemrograman PLC kali ini akan membahas tentang contoh program ladder untuk aplikasi mesin pengering sederhana. Contoh aplikasi yang membutuhkan proses pengeringan adalah baju (cucian), aneka keripik, helm dan lain sebagainya.

Anggap saja ini mesin pengering cucian yang punya pilihan untuk mengeringkan cucian selama 1 menit, 2 menit, dan 3 menit yang dapat dipilih menggunakan tombol kuning, merah, dan biru. Teknik pengeringan adalah dengan cara memutar cucian dalam tabung berlubang-lubang dengan kecepatan tinggi selama 1, 2, atau 3 menit.

Pada aplikasi lain seperti pengering helm, maka teknik pengeringannya adalah dengan cara di blow dengan udara panas, oleh karenanya motor diganti dengan blower (fan) dengan penambahan heater sebagai penghasil panas.

pengering1

Skenario Program

  1. Jika Tombol 1_Menit ditekan, maka Motor akan berputar selama 1 menit, dan kemudian OFF.
  2. Jika Tombol 2_Menit ditekan, maka Motor akan berputar selama 2 menit, dan kemudian OFF.
  3. Jika Tombol 3_Menit ditekan, maka Motor akan berputar selama 3 menit, dan kemudian OFF.

Diagram laddernya adalah sebagai berikut.

pengering2

Rung 1. Jika Tombol 1_Menit ditekan, maka SV (Setting Value) Timer TIM001 akan diisi dengan nilai 600 hex (60 detik). Kenapa gak pake MOV(21) aja? Karena tidak bisa, instruksi MOV(21) tidak dapat mengakses memori area TC. Oleh karena itu digunakan instruksi BSET(71). Lihat Instruksi BSET(71).

pengering3

Rung 2. Jika Tombol 2_Menit yang ditekan, maka SV TIM001 akan diisi dengan 1200 hex (120 detik).

pengering4

Rung 3. Jika Tombol 3_Menit yang ditekan, maka SV TIM001 akan diisi dengan 1800 hex (180 detik).

pengering5

Rung 4. Jika Tombol 1_Menit ditekan ATAU Tombol 2_Menit ditekan ATAUTombol 3_Menit ditekan, maka bit flag RUN yang ada di alamat IR200.00 akan diset oleh instruksi KEEP(11). Bit flag RUN akan direset oleh Completion-Flag dari TIM001.

pengering62

Rung 5. Selama bit flag RUN berada dalam kondisi ON, maka TIM001 akan menghitung dan MOTOR akan berputar. Sementara itu, LAMPU indikator akan berkedip-kedip dengan frekuensi 1 detik. Setelah SV sama-dengan nol, makaCompletion-Flag TIM001 akan ON. Pada siklus berikutnya, bit flag RUN akan direset sehingga MOTOR dan LAMPU akan OFF.

Dan jangan lupa memberi END(01) di akhir program.

Nah, semoga contoh program sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda. Program tentunya dapat dikembangkan menjadi aplikasi yang lebih komplek sesuai tuntutan sistemnya.

Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Selamat berkarya.

4 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>